Benarkah Telur, Daging dan Susu Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi?

Jum'at, 24 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Benarkah Telur, Daging...
Benarkan telur daging dan susu harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi? Anda pun perlu mengurangi lemak tak sehat. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA – Benarkan telur daging dan susu harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi? Kabar baiknya, Anda tidak perlu sepenuhnya menghilangkan telur, daging dan susu dari pola makan Anda. Namun, mengurangi jumlah lemak tidak sehat yang Anda konsumsi sangat penting untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Anda dapat memasukkan makanan ini ke dalam diet dengan cara yang sehat. Kuncinya untuk menikmati semua makanan tersebut, pola makan dan bagaimana Anda menyiapkan makanan ini, seberapa sering Anda memakannya dan seberapa sering Anda mengganti pilihan yang lebih sehat.


Makanan dan kolesterol

Kolesterol berfungsi penting bagi tubuh. Ini membantu membuat lapisan luar sel, membuat asam empedu untuk mencerna makanan, memproduksi vitamin D dan hormon.

Menurut American Heart Association (AHA) semua kolesterol yang Anda butuhkan diproduksi secara alami di hati. Sisa kolesterol dalam tubuh Anda berasal dari makanan yang Anda makan. Kolesterol menjadi bahaya kesehatan jika jumlahnya terlalu banyak di dalam darah.

Bagi sebagian orang, faktor genetik menyebabkan hati mereka memproduksi terlalu banyak kolesterol LDL (jahat). Salah satu penyumbang kolesterol LDL tinggi adalah konsisten mengonsumsi makanan tinggi.

1. Telur

Nah, mengonsumsi telur dalam jumlah sedang, yakni sekitar empat hingga enam butir telur per minggu. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur dalam jumlah sedang tidak menunjukkan peningkatan kadar kolesterol dibandingkan dengan mereka yang menghilangkan telur sama sekali dari pola makannya. Kuncinya adalah makan telur secukupnya.

2. Daging

Anda juga dapat dengan aman memasukkan daging ke dalam makanan Anda. Itu tergantung pada jenis daging yang Anda pilih dan cara Anda menyiapkannya. Pilih potongan daging yang lebih ramping dan porsi daging yang lebih kecil (kurang dari 3 ons), seperti daging sapi tanpa lemak: sirloin atau loin.

Metode memasak
Cara Anda memasak daging sama pentingnya dengan potongan daging. Jangan memilih potongan tenderloin tanpa lemak lalu menggorengnya atau menyiapkan saus berbahan dasar krim sebagai pendampingn. Hal ini meniadakan manfaat potongan daging tanpa lemak. Gunakan pilihan memasak yang lebih sehat Panggang lebih baik dari menggoreng.


3. Susu

Mengonsumsi produk olahan susu diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama dalam memperkuat tulang. Produk susu kaya akan kalsium, kalium dan vitamin D.

Mengonsumsi produk susu berlemak penuh dapat menimbulkan efek kesehatan yang tidak diinginkan, yaitu meningkatkan kadar kolesterol LDL. Mereka tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Gantilah dengan pilihan yang lebih sehat dan rendah lemak.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)